Print
Hits: 395

Pada tanggal 29 – 30 September 2021, telah dilaksanakan kegiatan SLI (Sekolah Lapang Iklim) tematik tahun 2021 di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini berlokasi di gedung Sanggar Kegiatan Belajar Kasiguncu Poso. Peserta SLI tematik pada hari pertama berjumlah 25 orang dan hari kedua juga berjumlah 25 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian dan kelompok tani. Melalui kegiatan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan informasi iklim dan perubahan iklim secara optimal guna membangun resiliensi terhadap dampak yang ditimbulkan iklim dan perubahan iklim yang bermuara pada peningkatan produksi pertanian dan  ketahanan pangan nasional.

Hari pertama kegiatan dibuka secara virtual oleh Wakil Bupati Poso dan penutupan seluruh rangkaian kegiatan pada sesi ke-2 oleh Plt. Deputi Bidang Klimatologi. Adapun materi yang diberikan kepada peserta yaitu layanan informasi iklim untuk pertanian, pengenalan unsur cuaca dan iklim, pemanfaatan informasi iklim untuk pertanian, pengenalan peralatan klimatologi dan kualitas udara BMKG serta infoBMKG, dan pemahaman informasi iklim, perubahan iklim dan kualitas udara. Selama proses pembelajaran, peserta aktif dalam menyampaikan pertanyaan, pendapat dan berdiskusi secara terbuka.

Kegiatan SLI tematik Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 berjalan dengan lancar, baik, dan sesuai rencana. Peserta sangat antusias dan minat peserta cukup tinggi untuk mengikuti materi yang telah disiapkan. Melalui materi yang diberikan selama dua hari kegiatan, menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan pemahaman informasi iklim oleh peserta dengan nilai persentase sebesar 16.40%.