Musim Pancaroba atau masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya, kerap kali ditandai dengan cuaca ekstrim. Bentuk cuaca ekstrim biasanya berupa hujan lebat disertai angin kencang dan badai guntur, angin puting beliung, dan hujan lebat dalam durasi singkat.

Musim kemarau tahun 2021 di provinsi Sulawesi Tengah diprediksi masuk pada bulan April dasarian I untuk wilayah Toli Toli (Galang), sementara kab Donggala (Banawa Selatan) dan dan kab. Sigi (Dolo Selatan) masuk MK di bulan Juni dasarian I. Kabupaten Poso (Poso Kota, Poso Pesisir) dan kab.Tojo Una Una (Tayawa) diprediksi pada bulan Juni dasarian III serta untuk wilayah Sigi (Kulawi Selatan) masuk pada bulan Juli dasarian I. Secara umum musim hujan 2020/2021 mundur antara I hingga III dasarian.

Masa udara hangat dan pengaruh sirkulasi tekanan rendah di sebelah Utara, kerap kali berpengaruh pada cuaca ekstrim di Sulawesi Tengah pada musim pancaroba ini. Pemanasan permukaan secara intensif dan masa udara hangat berpeluang terbentuknya awan Comulunimbus. Bahaya yang ditimbulkan dari awan ini berupa pusaran angin / puting beliung, hujan lebat, angin kencang dan badai petir.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai dampak cuaca ekstrim pada musim pancaroba ini. Kenali daerah tempat tinggal anda, hindari aktifitas di luar ruangan ketika cuaca memburuk. Mengungsi ke tempat yang dirasa kokoh apabila ada potensi awan Comulunimbus atau pusaran angin / puting beliung.

Selain itu, hindari berlindung pada tempat berpotensi hantaran arus listrik ketika terjadi badai guntur, seperti pohon kelapa, gedung bertingkat tanpa penagkal petir, lapangan atau tempat terbuka lainnya. Segera masuk ke dalam rumah atau mobil, dan hindari menggunakan peralatan elektronik selama badai petir.

Perbaharui informasi potensi bencana hidrometeorologi di wilayah anda melalui aplikasi infoBMKG yang dapat diunduh melalui playstore, appstore dan IOS store. Dapat juga melalui laman http://bmkg.go.id.

𝐾𝑜𝑜𝑟𝑑𝑖𝑛𝑎𝑡𝑜𝑟 𝐿𝑎𝑦𝑎𝑛𝑎𝑛 𝐾𝑙𝑖𝑚𝑎𝑡𝑜𝑙𝑜𝑔𝑖 𝑆𝑢𝑙𝑎𝑤𝑒𝑠𝑖 𝑇𝑒𝑛𝑔𝑎ℎ
𝗦𝘁𝗮𝘀𝗶𝘂𝗻 𝗣𝗲𝗺𝗮𝗻𝘁𝗮𝘂 𝗔𝘁𝗺𝗼𝘀𝗳𝗲𝗿 𝗚𝗹𝗼𝗯𝗮𝗹 𝗟𝗼𝗿𝗲 𝗟𝗶𝗻𝗱𝘂 𝗕𝗮𝗿𝗶𝗿𝗶
𝗕𝗮𝗱𝗮𝗻 𝗠𝗲𝘁𝗲𝗼𝗿𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶, 𝗞𝗹𝗶𝗺𝗮𝘁𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶, 𝗗𝗮𝗻 𝗚𝗲𝗼𝗳𝗶𝘀𝗶𝗸𝗮

http://gawpalu.id
Whatsapp: +62 822-5922-6717
instagram : @iklim_sulteng
facebook : iklim sulteng
twitter : @iklim_sulteng
youtube : gaw.lorelindubariri