LAUTAN, menutupi 70% permukaan Bumi, dengan beragai kedalaman kontur, berupa zat cair di sebagian tempat dan berbentuk padat di Kutub Utara dan Selatan. Di sini energi Radiasi Matahari disimpan dalam bentuk "panas laten", mengubah air menjadi uap dan dibawa ke dataran. Arus laut horizontal dan vertikal yang sangat besar membentuk dan mengedarkan panas ini ke seluruh planet, hingga ribuan kilometer.

Sekitar 90% dari kelebihan energi -yang terakumulasi di sistem bumi karena meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca- masuk ke laut. Suhu laut yang hangat membantu memicu pembentukan Badai Tropis (Tropical Cyclone), pusaran angin, puting beliung, bergesernya musim dan bencana hidrometeorlogis lain.

Lautan juga merupakan penggerak utama ekonomi global, menggerakkan lebih dari 90% perdagangan dunia dan menopang 40% ketahanan pangan dan hajat hidup masyarakat pesisir yang hidup dalam jarak 100 km dari pantai.

Saat ini, dampak perubahan iklim yang semakin besar membuat pengamatan, penelitian, dan layanan kelautan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Interaksi Lautan dan Atmosfer menjadi lebih sulit dan komplek untuk dipetakan untuk menduga parameter iklim di daratan.

Ilmu kelautan membantu kita untuk mengatasi dampak dari cuaca dan iklim, perubahan iklim, keadaan darurat laut termasuk polusi, pengasaman laut, hilangnya spesies laut dan degradasi lingkungan laut dan pesisir (UN Ocean Decade).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika secara teratur memantau lautan dan bagaimana perubahannya, memodelkan bagaimana lautan mempengaruhi atmosfer dan memberikan berbagai layanan kelautan, termasuk mendukung pengelolaan biosfer pesisir dan Keselamatan Kehidupan di Laut.

BMKG juga bekerja untuk melindungi masyarakat dari bahaya di Laut, seperti gelombang tinggi, pembentukan dan jalur badai tropis, dan kenaikan permukaan laut, melalui Sistem Peringatan Dini dan Prakiraan Berbasis Dampak.

"SELAMAT HARI METEOROLOGI DUNIA TAHUN 2021"

Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu Bariri
Jl. Abdurrahman Saleh, Kota Palu
Sulawesi Tengah
http://gawpalu.id
#iklim_sulteng
#infoBMKG